34 Proyek Pembangkit Listrik Mangkrak, Bagaimana Perkembangannya?

  • Whatsapp

JAKARTA | | SATELITCYBER.COM: – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat ada sebanyak 34 proyek pembangkit listrik yang mangkrak. Jumlah proyek mangkrak ini pernah jadi sorotan KPK dan Presiden Joko Widodo pada 2016 lalu. Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana menjelaskan, pembangkit listrik yang mangkrak tersebut memiliki total kapasitas 627,8 megawatt (MW). Adapun jenis proyek yang mangkrak yakni Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dan Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hydro (PLTM).

“Pembangkit listrik mangkrak ini sejarahnya, itu ada yang belum selesai totalnya 34 dan itu kurang lebih 627,8 MW,” ujarnya dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi VII DPR pada Kamis (28/5/2021). Ia bilang, proyek itu kini dipisahkan ke dalam tiga kategori. Kategori pertama yakni pembangkit yang memenuhi target pengoperasian atau commercial operation date (COD). Rida mengatakan, setelah dilakukan evaluasi terdapat 7 proyek pembangkit dengan kapasitas 114 MW yang masuk dalam kategori ini.

“Ini 7 diantaranya sudah COD, jadi tidak lagi jadi isu seharusnya, karena sudah bermanfaat bagi masyarakat,” imbuhnya. Kategori kedua yaitu pembangkit yang diusulkan untuk diterminasi atau diganti proyek lain. Ada 12 proyek pembangkit dengan kapasitas 117 MW pada kategori ini. Beberapa diantaranya diganti menjadi proyek Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) 80 MW, Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) tersebar 6 MW, transmisi dan gardu induk.

Serta saat ini ada proyek PLTU Waai Ambon 2×15 MW yang sedang dalam proses penyidikan sehingga berpotensi diterminasi. “Diterminasi itu adalah baik proyeknya maupun pengembangannya itu, tadinya pengadaan pembangkit tersebut tapi jadi diganti proyek yang lain, seperti membangun transmisi dan gardu induk,” jelas dia. Lalu kategori ketiga adalah pembangkit yang diusulkan untuk dilanjutkan. Ada 15 proyek pembangkit dengan kapasitas 336,8 MW dalam kategori ini atau dengan kata lain berpotensi bermasalah. “Kemudian yang mungkin berpotensi masih terkendala atau berpotensi mangkrak yang 15 ini. Jadi kalau pun yang masih menjadi isu adalah yang 15 ini,” ungkap Rida.

Ia mengatakan, data tersebut merupakan perkembangan penanganan 34 proyek pembangkit listrik yang mangkrak per April 2021. Adapun proyek-proyek ini secara rinci tersebar di Sumatera sebanyak 5 PLTU, Kalimantan 10 PLTU, Sulawesi 7 PLTU dan 2 PLTM, Nusa Tenggara 5 PLTU dan Maluku-Papua sebanyak 4 PLTU dan 1 PLTM. “Ini hasil rekap sampai posisi April 2021, tentu kami terus pantau dan kordinasikan dengan pihak PLN terkait progresnya, karena ini enggak mungkin dibiarkan,” tutup Rida. ( KOMPAS.COM / PARIZAL )

  • Whatsapp

Pos terkait