Bupati Kaur Hadiri H-LUN Ke-25, Menghimbau Jangan Takut Untuk Di Vaksin

  • Whatsapp

PROVINSI BENGKULU | BENGKULU SELATAN | SATELITCYBER.COM: – Pada Hari Lansia Nasional (HLUN) Ke 25 ini mengambil tema, Lansia Bahagia Bersama keluarga, peringatan H-LUN ini di selenggarakan di Puskesmas Kaur selatan Jum’at 28/05/2021.

Dengan target Vaksin bagi lansia di atas 60 tahun menjadi sasarannya. Lansia juga menjadi kalangan yang diprioritaskan karena jika lansia terjangkit virus SARS-CoV-2 ini, mereka sangat rentan mengalami gejala yang berat bahkan berujung kematian. Apalagi kapasitas rumah sakit yang ada sekarang juga semakin sedikit, sehingga lansia benar-benar harus diprioritaskan.

Bupati Kaur,H Lismidianto pada kesempatan tersebut menghimbau kepada seluruh lapisan Masyarakat Kaur, terkhusus yang sudah Lansia, jangan ragu, apalagi takut untuk di vaksin, sebab di usia lanjut ini rentan sekali tertular oleh virus Corona ini, oleh sebab itulah, tak bosan bosannya saya menghimbau, mari kita bersama-sama berupaya untuk memutus mata rantai penularan Visus Corona ini ujar H Lismidianto.

Palam kesempatan yang sama, kepala Dinas Kesehatan, Azwar juga menyampaikan, pada kategori lansia yang akan menjadi sasaran program Vaksinasi tahap kedua. Lebih lanjut, Azwar juga menjelaskan bahwa ada prosedur spesifik dan berbeda untuk melakukan vaksinasi kepada lansia tersebut. Untuk penyuntikan menggunakan vaksin Sinovac ini, interval penyuntikan khusus untuk lansia adalah 28 hari, jelasnya.

Tak hanya berkaitan dengan interval penyuntikan, ada tahapan lain yang diberlakukan kepada lansia. Untuk tekanan darah dan suhu, sama dengan kategori lain, yaitu suhunya mesti 37,5 derajat Celsius ke bawah dan tekanan darahnya tidak boleh lebih dari 180/110 mmHg. Yang berbeda adalah yang berkaitan dengan kondisi fisik, ada tambahan pertanyaan pada tahapan wawancara terkait hal itu sebelum dilakukan penyuntikan kepada lansia. Ini wujud aspek kehati-hatian.

Azwar juga menyampaikan, dimana HLUN-25 dengan tema Lansia Bahagia Bersama Keluarga dan Gebyar Vaksinasi Covid-19 ini dilaksanakan secara serentak di seluruh fasilitas kesehatan sejak tanggal 17 Mei-29 Mei 2021. Dalam pelaksanaan gebyar vaksinasi ini ada 21 lansia yang disuntik Vaksin Covid-19. Juga ia mengimbau kepada seluruh masyarakat Kaur agar bersama menyukseskan program vaksinasi ini, demi memutus mata rantai penularan virus korona.ujar Azwar. ( REDAKSI / ALIMIN )

  • Whatsapp

Pos terkait