KEGIATAN “BUMIL CARE” DALAM RANGKA AKSI SELUMA MELAYANI DAN PERINGATI HUT KE-18 KABUPATEN SELUMA TAHUN 2021

  • Whatsapp

PROVINSI BENGKULU | KABUPATEN SELUMA | SATELITCYBER.COM: – Wakil Bupati Seluma Drs. Gustianto membuka secara resmi kegiatan “Bumil Care” dalam Rangka Aksi Seluma Melayani dan HUT Ke-18 Kabupaten Seluma Tahun 2021, Kamis (27/5/2021) di Aula Dinas Kesehatan Seluma.

Kepala Dinas Kesehatan Rudi Syawaludin, S. Sos. dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai wujud nyata dalam mensukseskan salah satu program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Seluma Periode 2021-2024 yaitu “Seluma Melayani”.

Kabupaten Seluma sudah menjadi salah satu narasumber tingkat nasional untuk Bumil Care yaitu Posyandu Kungkai Baru sebagai Posyandu Remaja, di sana para remaja mempunyai kemampuan khusus untuk memberikan penyuluhan kepada remaja-remaja dan pengantin baru.

“Aksi ini tidak hanya digelar oleh Dinkes saja, tapi juga di seluruh pelayanan masyarakat termasuk Puskesmas dan RSUD Tais”, ujarnya.

Wakil Bupati Seluma Drs. Gustianto menyampaikan sangat apresiasi terhadap kegiatan ini dan berharap pelayanan kesehatan seperti ini terus dilaksanakan.

“Penurunan angka kematian ibu dan bayi diutamakan pada peningkatan pelayanan kesehatan ibu hamil yang berkualitas, mulai dari kehamilan sampai proses persalinan”, ujar Gustianto.

Ketua TP PKK Seluma Herawati Erwin Octavian dalam sambutannya menyampaikan berdasarkan data dari Dinkes Seluma, masih terdapat kasus kematian ibu hamil dan bayi yang baru lahir.

Karenanya, program Bumil Care ini sangat bagus sebagai sarana sosialisasi dan edukasi bagi ibu hamil. “TP PKK Kabupaten Seluma mendukung kegiatan ini dan akan langsung turun ke lapangan untuk mensosialisasikan kepada para remaja tentang kesiapan setelah menikah, dan kepada ibu hamil mengenai keselamatan saat melahirkan dan adanya kemungkinan bayi lahir dengan berat badan di luar normal”, ucap Herawati Erwin.

Untuk diketahui, pada tahun 2021 Kabupaten Seluma ditetapkan sebagai lokasi khusus penurunan angka kematian ibu dan neonatal, berdasarkan surat dari Sekretaris Ditjen Kesehatan Masyarakat.

Kegiatan Bumil Care yang dilaksanakan oleh Dinkes Seluma hari ini meliputi pemeriksaan HB darah dan USG kandungan secara gratis. Selain itu, Dinkes juga memberikan sosialisasi seputar kesehatan dan kehamilan bagi seluruh ibu hamil yang menjadi peserta dalam kegiatan ini. ( Mc Kabupaten Seluma / AHMAD BADI )

  • Whatsapp

Pos terkait