SOSIALISASI PEREMAJAAN KELAPA SAWIT PERKEBUNAN (PKSP) KABUPATEN SELUMA

  • Whatsapp

PROVINSI BENGKULU | KABUPATEN SELUMA | SATELITCYBER.COM: –Bupati Seluma Erwin Octavian, S.E. membuka kegiatan Sosialisasi Peremajaan Kelapa Sawit Perkebunan (PKSP) di Tingkat Pengusul Tahun 2021 yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Seluma, Kamis (27/5/2021) di Gedung Serba Guna Kantor Camat Semidang Alas Maras.

Bupati Seluma dalam sambutannya menyampaikan PKSP merupakan upaya pemerintah untuk mengembangkan perkebunan kelapa sawit rakyat dengan melakukan penggantian tanaman tua atau tidak produktif dengan tanaman baru.

“Tujuan program ini untuk meningkatkan produktivitas perkebunan sawit rakyat melalui penerapan varietas unggul, pengolahan lahan dan pemupukan sehingga berdampak pada pendapatan pekebun sawit”, ujar Bupati.

Plt. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma Arian Sosial, S.P., M.Si menyampaikan program peremajaan sawit rakyat telah dimulai sejak pertengahan tahun 2019 hingga tahun 2020 telah melalui beberapa proses tahapan verifikasi, mulai dari verifikasi tahap pengusul, verifikasi di tingkat Kabupaten, verifikasi di tingkat Provinsi, verifikasi Dirjenbun hingga sampai ke tahap Perjanjian Kerjasama (PKS) tiga pihak,

“Sudah terdapat 8 kelompok tani pengusul dengan luas total 595,6342 hektar yang tersebar di beberapa desa dan kecamatan di Kabupaten Seluma dan saat ini ada 6 kelompok tani dengan posisi sudah tertanam dan 2 kelompok tani baru selesai pelaksanaan persiapan lahan tumbang chiping”, ujarnya.

Selanjutnya Arian Sosial mengatakan bahwa di tahun 2020 Kabupaten Seluma sudah mengusulkan 5 kelompok tani pengusul yang juga tersebar di beberapa desa dan kecamatan dengan luas usulan lebih kurang 300 hektar, mudah-mudahan dalam waktu dekat kelompok tani pengusul di tahun 2020 dapat melaksanakan Perjanjian Kerjasama (PKS) tiga pihak sehingga dapat melaksanakan progres pekerjaan di tahun ini juga.

Dalam pelaksanaannya PSR menggunakan model bermitra dengan pihak ke tiga yaitu Bank, Penyedia Pupuk, dan Penyedia Bibit dimana sebagian atau keseluruhan dikerjakan oleh rekanan.

Selanjutnya Arian Sosial mengatakan bahwa tahun 2021 ini kembali dilaksanakan lagi program Peremajaan Sawit Rakyat (PSR) dengan target seluas 1.000 hektar dan untuk tahap awal sudah mencapai 300 hektar.

“Kelompok Tani Sekar Bambu yang berjumlah 52 orang dengan luas lahan lebih kurang 100 hektar yang tersebar dibeberapa desa di Kecamatan Semidang Alas Maras merupakan Kelompok Tani Pertama yang dilakukan Sosialisasi ini”, lanjutnya. ( Mc Kabupaten Seluma / AHMAD BADI )

  • Whatsapp

Pos terkait